Senin, 08 Mei 2017

ULASAN1

    Pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah video dari youtube yang berjudul "Richard Stallmant Copyleft" yang diunggah oleh akun bernama DigEcon dan dapat dikases di https://youtu.be/Rvf25rtUynw. Video dengan durasi 5 menit 19 detik berisi tentang pendapat Richard Stallmant mengenai Copyleft dan proprietary software. Richard Stallmant sendiri adalah penggagas Free Software Movement serta founder dari GNU Project.

   Pada beberapa menit pertama di video, Richard Stallmant memaparkan 4 kebebasan yang dapat dilakukan pengguna software, yaitu kebebasan untuk menggunakan software, kebebasan untuk mempelajari dan memodifikasi source code, kebebasan untuk menggandakan software tersebut, dan kebebasan untuk menyebarkan modifikasi dari software tersebut. Untuk mendistribusikan software tersebut, Stallmant membuat lisensi copyleft, sebuah lisensi khusus untuk Free Software. Dengan ada nya lisensi ini menurut dia, semua software dan modifikasi nya yang memiliki lisensi copyleft dapat dijamin merupakan Free Software.

   Dalam video Stallmant menyayangkan bahwa masih banyak user yang menggunakan proprietary software terlebih lagi dalam lembaga publik. Menurut dia lembaga yang menggunakan proprietary software tidak dapat menggontrol semua sistem yang mereka miliki dikarenakan proprietary software membatasi pengguna nya dalam menggunakan software tersebut, dan jika yang menggunakan adalah lembaga pemerintah akan mengancam keamanan nasional. Hal ini terjadi menurtu Stallmant dikarenakan terkadang proprietary software ditanamkan juga beberapa malicious features seperti backdoor, spyware, fitur yang dibatasi, dll.

    Menurut saya, usaha Stallmant dalam melindungi kebebasan pengguna nya dengen membua lisensi copyleft patut dihargai, dengan lebih banyak nya free software akan meningkat kan pilihan pengguna dalam memilih suatu perangkat lunak. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua proprietary software mengandung hal-hal yang disebutkan oleh Stallmant, meskipun itu tidak bisa dibuktikan selain dengan melihat srouce code seperti apa yang dikatakan nya. Pada akhir nya semua diserahkan kepada kebebasan user, apakah ingin menggunakan Free Software atau pun Proprietary Software.

Github Account: gibranmfw
URL Ulasan: http://fiersome.blogspot.co.id/2017/05/ulasan1.html
Video Author : DigEcon
URL Konten Youtube: https://youtu.be/Rvf25rtUynw (Durasi: 5 menit 19 detik)
Pemetaan : week01
Submisi Revisi Pertama: 11 Mei 2017 - 5:56 WIB
Submisi Revisi Terakhir: 11 Mei 2017 - 5:56 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar